Jumat, 02 November 2012

Foto CloseUp apa CloseDown?

Pernah ngerasain gak? Tidur baru jam 2pagi dan jam 5pagi pintu digedor2 dibangunin seolah ada kebakaran yang cuma tinggal saya korban yang perlu diselamatkan. Dan nyeseknya lagi,banguninnya hanya untuk dimintain tolong motoin. Hadeeh (っ_⌣̀)

Jiwa yang masih seperempat pun berjalan sempoyongan keluar kamar. Mahluk di depanku yang uda berdandan nyentrik cuma nyengir bilang : "Ce.. Fotoin donk. Close Up. Butuh ni buat audisi. Kamu kan pinter moto. Ya ya...". Dalam hati bergumam,bego lu kemana mbakyu? Aseem..

Pernah ngalamin gak? Makan bakso panas2,pedes,pas enak2nya ntu bakso dipipisin kucing! Nah! Mustahal sih,tapi ya kayak gitu perasaan yang ta rasain waktu itu. (╮°-°)╮┳━┳ (╯°□°)╯ ┻━┻

Omelan pun ga karuan muncul dari mulutku,tapi bersambut cengiran gajelas dari ni anak. Coba sate manusia itu halal,langsung ta sate ni anak (҂'̀_'́)9
Tapi,entah bego juga atau goblok atau apalah,aku yo gelem ae.. Ya ini nih..

Sekedar memflashback tentang foto CloseUp,dulu tahun 90 an, gaya foto close up atau foto yang diambil dari batas pinggang ke atas mulai dikenal di masyarakat. Hal ini mungkin juga dipicu oleh kejenuhan masyarakat akan pose seluruh badan yang selalu diterapkan ketika mereka menggunakan jasa studio foto untuk berbagai keperluan. Apalagi didukung dengan menjamurnya studio-studio foto yang terkenal karena memiliki spesialisasi di bidang foto close up. Saya sendiri memiliki banyak memori tentang foto close up ini. Karena memang di awal2 saya menggandrungi hobi njepret ini (awal2 punya DSLR juga) sering ngumpul dan gabung dengan komunitas yang interest nya gak jauh2 dari situ.

Sebenarnya dengan kondisi seperti ini, kita sebagai fotografer jadi harus belajar lagi untuk mengkreasikan pose atau gaya yang bisa diterapkan untuk foto close up tersebut agar hasilnya bisa lebih memuaskan para klien.


Ada sedikit tips untuk foto close up :

>> Gunakan lensa paling sedikit 80 mm ke atas untuk memotret close up agar terhindar dari efek distorsi.

>> Berikan pose seluruh badan pada sang model kemudian shot dengan komposisi close up. Hal ini bertujuan agar pose sang model bisa lebih luwes jatuhnya.

>> Gunakan elemen yang ada di studio untuk menciptakan pose-pose yang lebih variatif. Misalnya; elemen dari pakaian, aksesoris, properti studio dan lain-lain. Kalo gak di studio, di kost misalnya (seperti yg saya alami sekarang), gunakan seadanya. Jangan maksa harus ada ini itu (っ_⌣̀)


Finally.. Hasil jepretan Close Up saya boleh juga ni. Gak ngecap lho. Kapan2 ta posting deh. Ini nulis pake kePed,ngunggah gambarnya error mulu. Apa emang saya yang gak tau caranya? 「(˘.˘“)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar