Ya beginilah product Apple, diawalnya dicibir tapi akhirnya booming juga.. Why?
Dulu MB unibody diprotes, bikin tanggung amat sih kagak ada firewirenya. And then, boom! と(° ټ ˚)つ
Dulu iPhone dicerca ,, mana ada SmartPhone kagak ada front cameranya. And then, superboom.. #nah (‾⌣‾"٥)
Dulu Macbook White, gue masih inget di gizmodo ada yg bilang kalo kata yg tepat adalah : Konsumsi Paper Shredder (Karena bahan plastik polycarbonatenya).. And then, i am using to type this. ┐(ˇ.ˇ)┌
And now, ipad.
.................
Fair aja sih kalo emang banyak yg kecewa. Beberapa forum mac di luar lagi hangat ngerasa kecewa ama iPad. Banyak yg bilang iPad tea kaya iPod touch with jumbo body. And bla bla bla..
Yang pertama,
Cuma gue melihat sisi lain dari iPad. Yaitu sisi pembentukan budaya IT orang2 atau setidaknya fanboy-nya (sorry pelajaran sosiologi banget... Kagak nemu yang lain)と(° ټ ˚)つ
Gue melihat Apple ingin menjadi pioneer untuk sebuah gadget dengan konsumsi full super mobile. Steve aja bilang kalo iPad itu jembatan antara iPhone dengan fitur yg minimal dan laptop dengan fungsi yg komplit. Coba deh pikir lagi, gadget apalagi yg pas untuk jadi sirathal mustaqim ini?
Kalo berharap iPad full dibenamkan snow ato ada kamera ato chipet games NVidia, ya itu mah gak realistis dan terlalu terbawa ama rumor. (ˇ.ˇ")
Yang kedua,
Basicnya Apple adalah sebuah company bukan sebuah laboratorium. Kalo gue nganggep apple itu laboratorium, seandainya steve job masih hidup ni ya, kalo gue di depan steve jobs, sudah pasti sepatu crocs butut gue melayang di iPad yg dia pegang (plus di kepalanya juga pastinya ya) (╮°-°)╮┳━┳ (╯°□°)╯ ┻━┻ Ekspektasi gue tentunya berlebih soalnya sebuah laboratorium haruslah menghasilkan produk yg sebaik mungkin, secanggih mungkin, n sekomplit mungkin. Perkara sistem marketingnya... Ein ing eng.. Nei, not my business. Urusan gua bikin product bagus, kalo kagak kejual ato barang design sebelumnya jadi gak laku... Ya masa bodo teing. (^.̮^✽)
Nah, Apple adalah company dengan banyak product, banyak product artinya banyak segmentasi pasar. Ketika 1 buah gadget dianggap merusak 1 segmentasi dan membuat produk yg lama jadi gak laku, jelas itu bakal dhindari banget. iPad muncul bukan untuk menggantikan fungsi laptop (lagipula ngapain gue bawa iPad buat maen dota, ngetik, atau sniffing paket Tokenring). Enggak. iPad muncul untuk mendobrak tatanan tablet gadget.
Ini adalah sebuah awal revolusi tablet gadget, bukan akhir dari persaingan. Persaingan baru saja dimulai, perusahaan lain pasti akan termotivasi buat bikin saingan iPad (mungkin mereka jg berpikir bahwa iPad tak sefenomenal rumornya) dan apple akan semakin meningkatkan kualitas iPad di update2 selanjutnya. ツ
Well, setidaknya, satu kaki Apple udah di anak tangga awal revolusi mobile gadget. Revolusi butuh keberanian dan spekulasi yg tinggi, maka tak salah kalo di conference ama CNN kemaren steve bilang kalo ini adalah hal paling penting yg pernah dia lakukan selama hidupnya. Gue bisa pahamin arti kata2 steve sekarang berkat iPad dan iPhone ini.
So today, kita belajar bagaiamana sebuah company bermain. ≈☺“¨Ўūþ¨;)¨ўūþ¨☺≈! I guess.. ツ
*Just my 100 cents* (‾⌣‾"٥)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar